SUCI’s Weblog

Cara Buka YOUtubE mESki Sudah Di Blok!!!

Posted by sssuci pada April 13, 2008

Banyak cara menuju Roma, itu kata orang-orang dulu tapi hal tersebut tentu saja masih tetap berlaku hingga saat ini. bukan hanya menuju ke Roma, kemanapun ketika sesorang sudah sangat ingin menuju ketempat tujuannya, maka segala carapun akan dapat dilakukan demi sampai ke tempat tujuan tersebut.

Alkisah Film Fitna yang gaung sangat meledak dinusantara ini, membuat kuping para bapak-bapak yang duduk dibalik meja diatas sana memerah, belum lagi ketakutan-ketakutan yang terlalu berlebihan akan dampak film ini dimasyarakat apabila menyebar terlalu jauh. Dalam ketakutan, kepanikan, dan sok responsif, akhirnya sang bapak memutuskan untuk mengeluarkan SK (Surak Keputusan) Menteri tepatnya Surat Menteri Kominfo Nomor: 84/M.KOMINFO/04/08 tanggal 2 April 2008 Perihal: Pemblokiran Situs dan Blog Yang Memuat Film Fitna, yang inti isinya adalah agar provider internet seluruh indonesia, khususnya yang melalui jalur IIX (indonesia Internet Exchange) maupun yang tergabung didalam APJII (Asosiasi Pengusaha Jasa Internet Indonesia) agar menutup akses keberbagai tempat yang disinyalir menjadi pintu masuk bagi masyarakat untuk mendapatkan film tersebut.

Sebutlah beberapa nama situs besar-pun akhirnya yang jadi sasaran, YouTube, Metacafe, Rapidshare, MySpace, Multiply dkk akhirnya saat ini sama sekali tidak bisa kita akses dari indonesia.

Sekali lagi, Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan menuju YouTube, Banyak jalan menuju Rapidshare, Banyak jalan menuju MySpace, dan seterusnya… Omongan ini bukanlah omong kosong belaka, ketika hak kita untuk mendapatkan kebebasan telah ditekuk rapat, dan karena kita gak memiliki akses yang lebih untuk mengatur jalur internet yang kita lalui ini, saatnyalah kita putar otak untuk mendapatkan cara bagaimana memecahkan masalah ini.

Ada sebuah komentar di blok ini, yang memberikan tips bagaimana cara membuka YouTube melalui google dengan sangat mudahnya. Terima kasih buat soky atas tipsnya.

Ketikkan dibrowser anda http://translate.google.com/translate_t, anda kemudian akan tiba di halaman penerjemah milik Google.

Setelah sampai disana, ketikkan alamat http://www.YouTube.com di kolom Translate a Web Page, pilih bahasanya apa saja, kemudian tekan Translate. Selesai, anda akan langsung diajak ke situs YouTube oleh Google. Berhasil….namun sayangnya, tidak ada satupun streaming video yang bisa kita buka. Hal ini dikarenakan YouTube masih melakukan request langsung (direct) ke internet, sedangkan cara direct inilah yang membuat kita tidak bisa akses langsung ke situs YouTube. Tapi bagaimanapun juga, meski gagal, soky sudah menunjukkan pada kita, kalo masih ada jalan lain yang dapat kita lalui.

Solusi lainnya?

Hahaha…ternyata cara-cara lama masih saja berhasil, anonymous proxy masih tetap menjadi leader dalam hal mengakali pemblokan akses kesebuah situs internet. cara ini bahkan bisa juga menyembunyikan IP anda pada saat browsing ke situs lendir gituan lho :P.

Nah, gitu intinya, server anonymous proxy dapat menyembunyikan identitas anda sehingga backbond tidak dapat mengetahui darimana koneksi berasal, sehingga akses kesebuah halaman website yang diblock-pun akan dibypass.

Oke, langsung saja…gimana caranya?

Cara 1 :

pilih/klik salah satu url dibawah :

Kemudian ketikkan satu alamat url yang ingin anda buka (misal: http://www.youtube.com, http://www.rapidshare.com, http://www.multiply.com, http://www.myspace.com, dsb), kemudian tekan surf. Anda akan langsung dibawa kehalaman yang anda tuju tanpa rintangan apapun! ;)

Cara ini memungkinkan anda membypass langsung menuju halaman yang ingin anda tuju melalui anonymous proxy server yang disediakan oleh penyedia layanan. Untuk mencoba situs layanan anounymous surf lainnya, coba tanya om google D (lagi-lagi…). Untuk lebih jelasnya mengenai kinerja sebuah layanan web anonymous surf, silahkan lihat bagan dibawah.

Penjelasan : Biasanya PC anda mengakses internet secara direct, pada saat demikian IP yang akan terecord di internet adalah IP anda (misal:202.123.123.123), kemudian anda melakukan akses kesebuah situs penyedia layanan Anonymous Proxy (misal:http://www.zend2.com), disana anda ketikkan alamat url yang ingin anda buka (misal:http://www.youtube.com), setelah anda menekan tombol go, website ini akan membawa anda ke salah satu proxy server yang kemudian secara otomatis memberikan IP baru untuk anda (misal:203.234.234.234) setelah IP anda telah berubah, sistem akan membawa anda kembali ke internet untuk mengakses halaman yang anda panggil sebelumnya, kemudian menampilkannya di browser anda, tentunya dengan kondisi yang baru, yaitu IP anda yang telah berubah menjadi 203.234.234.234.

Cara 2 :

Masukkan secara manual alamat proxy server di setting browser anda. Bagaimana caranya?

Mozilla firefox : di menu bar tekan Tools -> Options kemudian di jendela Options tekan menu Advanced kemudian buka tab Network, setelah itu silahkan tekan tombol Settings…

Dijendela Connection Settings silahkan pilih opsi Manual Proxy Configuration. Di kolom HTTP Proxy, ketikkan alamat IP dan Port proxy yang telah anda siapkan sebelumnya…Lho saya kan gak punya??. Oke, lanjutkan membacanya…saya akan beritahu bagaimana mendapatkan IP anonymous proxy dengan mudah.

Coba brosing ke salah satu url dibawah :

Nah, diweb-web diatas, mereka menyaring IP anonymous proxy yang digunakan pada saat surf diinternet dan bisa anda gunakan untuk keperluan anda. Catatan : Anounymous proxy yang biasa digunakan bersifat dynamic dan tergenerate secara otomatis dan dapat expired sewaktu-waktu, biasanya setelah beberapa kali pemakaian IP proxy tersebut akan expired dengan sendirinya.

Kalo anda masih kurang puas dengan 2 list url diatas, cari deh di google dengan keyword kombinasi +”:8080″ +”:3128″ +”:1080″ filetype:txt OR filetype:html atau klik disini.

IP & Port perlu diketahui, pada alamat misal : 202.154.220.6:8080 IP-nya adalah 202.154.220.6 sedangkan 8080 adalah port yang digunakan

Cara ini membutuhkan sedikit kemampuan dasar khususnya untuk menyeting proxy secara manual melalui browser anda. Bila anda merasa rumit, saya sarankan untuk menggunakan cara 1.

Cara 3 :

Catatan : Cara ini hanya berlaku bagi anda yang menggunakan Mozilla Firefox sebagai web browser anda, bila anda belum menggunakannya, silahkan download firefox disini.

Mozilla Firefox memungkinkan anda menggunakan add-ons tambahan yang bisa anda install sehingga dapat terintegrasi dengan web browser anda, salah satu addons yang bisa kita (dan saya juga menggunakannya lho ;) ) gunakan untuk mendapatkan akses ke situs yang diblok melalui anonymous proxy adalah PhProxy.

PhProxy bisa anda dapatkan di https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/3239

Mengenai instruksi dan cara instalasi silahkan ikuti instruksi yang ada dihalaman tersebut.

Selain PhProxy, juga ada banyak addons lainnya yang bisa anda gunakan.

Cara 4

Anda bisa juga menggunakan perangkat lunak yang bekerja untuk mengarahkan dan mengubah Proxy PC anda menuju anonymous proxy server. Anda bisa mencarinya diinternet, banyak yang gratisa ada juga yang bayar. Tanya aja om Google :P.

Cara 5

Tinggalkan YouTube, beralihlah ke website penyedia streaming video online lainnya seperti :

Banyak jalan menuju roma, tapi untuk mencari sesuatu yang ada diroma kan gak perlu juga mesti pergi ke roma P

CATATAN PENTING : Cara-cara diatas adalah cara-cara gelap atau bahkan bisa dianggap ILEGAL, saran dari seorang rekan agar cara tersebut diatas jangan dilakukan menggunakan komputer pribadi dirumah demi alasan keamanan komputer anda, atau lakukan cara diatas bila memang anda sudah sangat terpaksa untuk melakukannya, karena resiko dikemudian hari tentulah anda yang akan merasakannya. Saran terbaik saya, bersabarlah sedikit, karena dari info yang saya dapat YouTube tidak bisa diakses hanya dalam 10 hari.

Ok. Kalo ada tambahan cara-cara lainnya atau alternatif lain yang bisa anda share kerekan-rekan pembaca lain, silahkan tuliskan dikolom komentar ;) Semoga membantu

About these ads

Satu Tanggapan to “Cara Buka YOUtubE mESki Sudah Di Blok!!!”

  1. dodi berkata

    thanks for infonya…
    http://www.asslab.co.cc

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: